Pengertian Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya
Salam otomotif buat sobat otolovers semua. Selamat datang
dan bertemu kembali bersama Sakam Autosevice blog. Blog sederhana tentang dunia
otomotif khusus roda empat.Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan
memberikan informasi mengenai Transmisi mobil manual beserta cara kerjanya.
Pada setiap kendaraan bermotor pasti selalu dibekali dengan
komponen Transmisi, baik itu Transmisi manual ataupun yang sedang booming
sekarang yaitu Transmisi matic (otomatis). Fungsi utama dari komponen ini
adalah untuk mengatur percepatan sebuah kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh
putaran mesin.
Pengertian Transmisi Manual
Transmisi Manual merupakan sebuah sistem perpindahan
percepatan yang dilakukan secara bertahap menggunakan bantuan tuas Transmisi. Terdiri
dari gigi paling rendah 1 sampai yang paling tinggi 5-6. Dan untuk mobil ada juga yang dinamakan
gigi parkir atau atret berfungsi untuk membuat mobil berjalanan mundur
kebelakang. Untuk melakukan perpindahan percepatan pada Transmisi manual kita
memerlukan bantuan kopling, dan tidak demikian jika dengan Transmisi Matic.
Komponen Transmisi manual terdiri dari berbagai macam gigi ada
gigi susun, syncromesh, serta gigi utama yang tersusun rapih di dalam gear box
(kotak gigi). Untuk mengurangi terjadinya gesekan antara gigi satu dengan yang
lainnya, Transmisi manual memerlukan pelumas khusus dengan standar SAE 90.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar